Perbedaan Print DTG dan Print DTF

Pada artikel ini membahas tentang cara cetak atau cara print kaos, ada 2 hal yang akan dibahas di artikel ini yaitu Print DTG dan Print DTF. Arti sablon itu sendiri adalah sebuah teknik mencetak gambar diatas bahan kaos atau kain dengan bentuk yang kita inginkan dengan cat atau tinta dibantu dengan kertas film yang terbuat dari kertas biasa atau dengan kertas kalkir. Dalam proses pengerjannya sendiri dibantu dengan alat yang bernama screen sablon dan rakel sablon. Namun yang kita fokuskan adalah print Digital yaitu DTG dan DTF.

Print DTG itu sendiri Direct To Garment yang berarti cetak atau print langsung di media kaos atau bahan kaos. Untuk DTF adalah Digital Transfer Film yang artinya print di bahan Film lalu di transfer ke bahan kaos. Pada dasarnya metode di masing-masing proses ini hasilnya hampir sama yaitu sama-sama mencetak di kaos, namun hasilnya jika kita lihat dan di raba secara teliti sangat terlihat perbedaannya.

Print kaos satuan pada metode print DTG sebenarnya dikerjakan dengan lebih simpel, karena dicetak langsung pada bahan kaos dengan tingkat presisi yang baik. Saat kaos selesai di print di bahan kaos secara langsung, kaos bisa langsung di press untuk mendapatkan ketahanan kaos yang baik. Peminat print kaos DTG sebenarnya masih banyak karena tekstur nya sangat bagus dengan tinta kaos yang menyerap pada pori-pori kaos sehingga jika dipakai langsung ke badan tidak terasa panas. Namun print DTG ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mencetak di lengan baju atau lengan kaos.

Pada proses print DTF juga bisa dibilang simpel dan bisa mencegah kegagalan print pada kaos sablon. Mengapa dibilang mencegah kegagalan pada sablon kaos, karena metodenya tidak langsung mencetak di bahan kaos tetapi langkah pertamanya yaitu mencetak dibahan film transfer. Jadi untuk proses cetak kaos yang lumayan banyak bisa menjadikan pergerakan yang efektif karena bisa cetak di film dengan model yang banyak lalu tinggal di press saja satu per satu di bahan kaos. Namun kelemahannya pada proses print kaos DTF yaitu sablonannya di bahan kaos sangat tertutup atau tidak berpori sehingga bagi peminat kaos sering mengeluhkan agak panas, tetapi tergantung bahannya juga apalagi jika digunakan pada kaos Cotton Combed seri 30s yang bahannya lumayan adem.

Keunggulan dari sablon DTF yaitu gambarnya sangat cerah dan ketahanan gambarnya juga sangat kuat. Untuk pengaplikasiannya bisa di sablon di bahan parasut, sweater, polyester dan masih banyak lagi yang bisa disablon dengan metode print DTF ini. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada video dibawah ini.

Nah setelah lihat video di atas mungkin teman-teman bisa membayangkan atau mempunyai keinginan untuk kaos apa yang akan dipakai atau mau sablon dengan metode apa yang diminati. Semoga artikel ini sangat membantu teman-teman yang masih belum tahu apa itu Print DTF dan apa itu Print DTG.

Website Partner

dvd tutorial dtg printer

Pesan Print Kaos DTG Sekarang

Vallen Print Jl.Shibi 2 Srengseng Sawah Jakarta Selatan 12640.

vallenprint@gmail.com

0857 760 57585